Sejarah Singkat MTs. Salafiyah

MTs.Salafiyah merupakan madrasah yang berada di 3,5 km pantai selatan desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Indonesia. Madrasah kami berdiri th 1992 oleh Yayasan Pendidikan Sosial Salafiyah dengan melibatkan LP. maarif Kabupaten Lumajang yang sebagai motivator sekaligus sebagai dewan pembimbing madrasah kami. Madrasah kami didirikan dengan tujuan disamping menampung jenjang madrasah ibtidaiyah kami, juga untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang tamatan Sekolah Dasar sekitar untuk melanjutkan ke jenjang SLTP/MTs, yakni Sekolah/Madrasah yang bernafaskan Islam yang.

Dari waktu ke waktu perkembangan madrasah kami bersaing dengan tiga madrsah tsanawiyah yang juga berada tak jauh dari lokasi madrasah kami ,yang dua mts. tergolong satu desa dengan pandanwangi sedang yang satunya lagi masuk desa pandanarum (tetangga desa). Sehingga dengan demikian sampai saat ini tak satupun di antara madrasah-madrasah tersebut yang memiliki jumlah murid lebih dari 150 siswa. kalau di rata-rata setiap madrasah tsanawiyah di desa kami jumlah muridnya sekitar 70 an.

Disamping persaingan antara mts sekitar,lambannya perkembangan jumlah murid juga disebabkan oleh tamatan-tamatan sekolah dasar yang meneruskan di Lokasi kecamatan, yakni ke MTs, SMPI dan SMP Negeri, dengan alasan untuk mencari fasilitas terbaik. Namun bagi tamatan SD/MI yang danemnya rendah alasan itu tak berlaku. karena hanya MTs. swastalah yang mau menerima dan ngopeni ketidak berdayaan siswa tertinggal tersebut.

Melihat Fenomena tersebut mudah-mudahan di kemudian hari sekolah/madrasah-madrsah swasta yang jauh lebih relawan dan tidak pilih-pilih siswa, lebih mendapat perhatian dari pemerintah untuk kemjuan belajar mereka. minimal pemerintah dapat memenuhi hak-hak rakyat pelajarnya secara merata. amiiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RINGKAS SYEKH TAMBUH