Senin, 23 Maret 2009

Pedoman Bos 2009

1. PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK PENDIDIKAN GRATIS DALAM RANGKA WAJAR 9 TAHUN YANG BERMUTU TAHUN 2009
2. Latar Belakang • UU No 20 tentang Sisdiknas: Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. • Wajib Belajar 9 Tahun telah tuntas dengan APK untuk SMP/sederajat sebesar 96,18% • PP No 48 tentang Pendanaan Pendidikan secara jelas menjelaskan jenis pendanaan pendidikan dan tanggung-jawab masing-masing tingkatan
3. Tujuan BOS Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu.
4. Tujuan BOS Secara khusus: • Menggratiskan seluruh siswa miskin di tingkat pendidikan dasar dari beban biaya operasi sekolah, baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta • Menggratiskan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri terhadap biaya operasi sekolah, kecuali pada sekolah bertaraf internasional (SBI) dan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) • Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta
5. Sasaran • Sasaran program BOS adalah semua sekolah setingkat SD dan SMP (termasuk SMPT), baik negeri maupun swasta di seluruh propinsi di Indonesia. • Program Kejar Paket A dan Paket B tidak termasuk sasaran dari program BOS ini.
6. Biaya Satuan BOS SD/SDLB di kota : Rp 400.000,-/siswa/tahun. • SD/SDLB di kab : Rp 397.000,-/siswa/tahun. • SMP/SMPLB/SMPT di kota: Rp 575.000,-/siswa/tahun • SMP/SMPLB/SMPT di kab : Rp 570.000,-/siswa/tahun • Biaya satuan ini sudah termasuk untuk BOS Buku
7. Jenis Biaya Pendidikan Menurut PP No 48 Tahun 2008: • Biaya Satuan Pendidikan: biaya penyelenggaraan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan • Biaya Penyelenggaraan dan/atau Pengelolaan Pendidikan:biaya penyelenggaraan dan/atau pengelolaan pendidikan oleh Pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau penyelenggara/satuan pendidikan yang didirikan masyarakat • Biaya Pribadi Peserta Didik:biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.
8. Biaya Satuan Pendidikan Terdiri dari: • biaya investasi adalah biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sdm, dan modal kerja tetap. • biaya operasi, terdiri dari biaya personalia dan biaya nonpersonalia. • bantuan biaya pendidikan yaitu dana pendidikan yang diberikan kepada peserta didik yang orang tua atau walinya tidak mampu membiayai pendidikannya • beasiswa adalah bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada peserta didik yang berprestasi.
9. Biaya Personalia dan Nonpersonalia • biaya personalia terdiri dari gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta tunjangan-tunjangan yang melekat pada gaji. • biaya nonpersonalia adalah biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dll.
10. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar pelaksana program wajib belajar. Namun demikian dana BOS dimungkinkan untuk membiayai beberapa kegiatan lain yang tergolong dalam biaya personalia dan biaya investasi.
11. Kebijakan BOS Tahun 2009 • Biaya satuan BOS, termasuk BOS Buku, per siswa/tahun mulai Januari 2009 naik secara signifikan menjadi: SD di kota Rp400 ribu, SD di kabupaten Rp397 ribu, SMP di kota Rp575 ribu, dan SMP di kabupaten Rp570 ribu. • Dengan kenaikan kesejahteraan guru PNS dan kenaikan BOS sejak Januari 2009, semua SD dan SMP negeri harus membebaskan siswa dari biaya operasional sekolah, kecuali RSBI dan SBI.
12. Kebijakan BOS Tahun 2009 (Lanjutan) • Pemda wajib mengendalikan pungutan biaya operasional di SD dan SMP swasta sehingga siswa miskin bebas dari pungutan tersebut dan tidak ada pungutan berlebihan kepada siswa mampu. • Pemda wajib menyosialisasikan dan melaksanakan kebijakan BOS tahun 2009 serta menyanksi pihak yang melanggarnya. • Pemda wajib memenuhi kekurangan biaya operasional dari APBD bila BOS dari Depdiknas belum mencukupi.
13. Sekolah Penerima BOS • Semua sekolah SD/SDLB/SMP negeri wajib menerima dana BOS. Bila sekolah tersebut menolak BOS maka sekolah dilarang memungut biaya dari peserta didik, orang tua atau wali peserta didik • Semua sekolah swasta yang telah memiliki ijin operasional yang tidak dikembangkan menjadi bertaraf internasional atau berbasis keunggulan lokal wajib menerima dana BOS.
14. Sekolah Penerima BOS (Lanjutan...) • Bagi sekolah yang menolak BOS harus melalui persetujuan dengan orang tua siswa dan komite sekolah dan tetap menjamin kelangsungan pendidikan siswa miskin di sekolah tersebut. • Seluruh sekolah yang menerima BOS harus mengikuti pedoman BOS yang telah ditetapkan oleh pemerintah. • Sekolah negeri kategori RSBI dan SBI diperbolehkan memungut dana dari orang tua siswa yang mampu dengan persetujuan Komite Sekolah.
15. BOS dan Wajar 9 Tahun Yang Bermutu • BOS harus menjadi sarana penting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar 9 tahun. • Melalui BOS tidak boleh ada siswa miskin putus sekolah karena tidak mampu membayar iuran/pungutan yang dilakukan oleh sekolah. • Anak lulusan sekolah setingkat SD, harus diupayakan kelangsungan pendidikannya ke sekolah setingkat SMP. Tidak boleh ada tamatan SD/setara tidak dapat melanjutkan ke SMP/setara dengan alasan mahalnya biaya masuk sekolah. • Kepala sekolah mencari dan mengajak siswa SD/setara yang akan lulus dan berpotensi tidak melanjutkan sekolah untuk ditampung di SMP/setara. Demikian juga bila teridentifikasi anak putus sekolah yang masih berminat melanjutkan agar diajak kembali ke bangku sekolah.
16. BOS dan Wajar 9 Tahun (Lanjutan...) • Kepala sekolah mencari dan mengajak siswa SD/setara yang akan lulus dan berpotensi tidak melanjutkan sekolah untuk ditampung di SMP/setara. Demikian juga bila teridentifikasi anak putus sekolah yang masih berminat melanjutkan agar diajak kembali ke bangku sekolah. • BOS tidak menghalangi peserta didik, orang tua, atau walinya memberikan sumbangan sukarela yang tidak mengikat kepada sekolah
17. BOS dan Manajemen Berbasis Sekolah • Sekolah mengelola dana secara profesional, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan • BOS harus menjadi sarana penting untuk meningkatkan pemberdayaan sekolah dalam rangka peningkatan akses, mutu dan manajemen sekolah.
18. Tanggung Jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah • Pemerintah dan Pemda bertanggung jawab thd pendanaan biaya investasi dan biaya operasi satuan pendidikan bagi sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah/pemda sampai terpenuhinya Standar Pendidikan Nasional. • Sekolah yang diselenggarakan pemerintah/pemda menjadi bertaraf internasional dan/atau berbasis keunggulan lokal, selain dari pemerintah dan pemda, pendanaan tambahan dapat juga bersumber dari masyarakat, bantuan pihak asing yang tidak mengikat, dan/atau sumber lain yang sah. • Pemerintah dan pemda dapat membantu pendanaan biaya nonpersonalia sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat
19. Tanggung Jawab Orang Tua Peserta Didik • Biaya pribadi peserta didik, misalnya uang saku/uang jajan, buku tulis dan alat-alat tulis, dls. • Pendanaan sebagian biaya investasi pendidikan dan/atau sebagian biaya operasi pendidikan tambahan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah menjadi bertaraf internasional dan/atau berbasis keunggulan lokal.
20. Penggunaan Dana BOS A. Untuk membeli buku teks pelajaran (BOS Buku) Sebagian dana BOS harus untuk membeli buku yang hak ciptanya telah dibeli oleh pemerintah sebanyak jumlah siswa. Harga buku harus mengikuti harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Depdiknas. • SD: buku IPS (kelas 4, 5 dan 6) dan PKN (kelas 1 s/d 6) • SMP: buku PKN (kelas 1 s/d 3) dan IPA (kelas 1 s/d 3) Pembelian dapat dilakukan bertahap, akan tetapi harus terpenuhi seluruhnya sebelum tahun ajaran baru.
21. Penggunaan Dana BOS (Lanjutan...) B. Untuk operasional sekolah (BOS Tunai) 2. Pembiayaan seluruh kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru: biaya pendaftaran, penggandaan formulir, administrasi pendaftaran, dan pendaftaran ulang, serta kegiatan lain yang berkaitan langsung dengan kegiatan tersebut (misalnya untuk fotocopy, konsumsi panitia, dan uang lembur dalam rangka penerimaan siswa baru) 3. Pembelian buku referensi untuk dikoleksi di perpustakaan
22. Penggunaan Dana BOS Tunai (Lanjutan...) 1. Pembiayaan kegiatan pembelajaran remedial, pembelajaran pengayaan, olahraga, kesenian, karya ilmiah remaja, pramuka, palang merah remaja dan sejenisnya (misalnya untuk honor jam mengajar tambahan diluar jam pelajaran, biaya transportasi dan akomodasi siswa/guru dalam rangka mengikuti lomba) 2. Pembiayaan ulangan harian, ulangan umum, ujian sekolah dan laporan hasil belajar siswa (misalnya untuk fotocopi, honor koreksi ujian dan honor guru dalam rangka penyusunan rapor siswa)
23. Penggunaan Dana BOS Tunai (Lanjutan...) 1. Pembelian bahan-bahan habis pakai: buku tulis, kapur tulis, pensil, spidol, kertas, bahan praktikum, buku induk siswa, buku inventaris, langganan koran/majalah pendidikan, minuman dan makanan ringan untuk kebutuhan sehari-hari di sekolah. 2. Pembiayaan langganan daya dan jasa: listrik, air, telepon, termasuk untuk pemasangan baru jika sudah ada jaringan di sekitar sekolah. Khusus di sekolah yang tidak ada jaringan listrik, dan jika sekolah tersebut memerlukan listrik untuk proses belajar mengajar di sekolah, maka diperkenankan untuk membeli Genzet.
24. Penggunaan Dana BOS Tunai (Lanjutan...) 1. Pembiayaan perawatan sekolah: pengecatan, perbaikan atap bocor, perbaikan pintu dan jendela, perbaikan mebeler, perbaikan sanitasi sekolah dan perawatan fasilitas sekolah lainnya. 2. Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer. Untuk sekolah SD diperbolehkan untuk membayar honor tenaga yang membantu administrasi BOS. 3. Pengembangan profesi guru: pelatihan, KKG/MGMP dan KKKS/MKKS.
25. Penggunaan Dana BOS Tunai (Lanjutan...) 1. Pemberian bantuan biaya transportasi bagi siswa miskin yang menghadapi masalah biaya transport dari dan ke sekolah. Jika dinilai lebih ekonomis, dapat juga untuk membeli alat transportasi sederhana yang akan menjadi barang inventaris sekolah (misalnya sepeda, prahu penyeberangan, dll) 2. Pembiayaan pengelolaan BOS: alat tulis kantor (ATK), penggandaan, surat menyurat, insentif bagi satu orang penyusun laporan BOS dan biaya transportasi dalam rangka mengambil dana BOS di Bank/PT Pos.
26. Penggunaan Dana BOS Tunai (Lanjutan...) 1. Pembelian personal komputer untuk kegiatan belajar siswa: maksimum 1 set untuk SD dan 2 set untuk SMP dalam satu tahun anggaran. 2. Bila seluruh komponen 1 s.d 12 di atas telah terpenuhi pendanaannya dari BOS dan masih terdapat sisa dana, maka sisa dana BOS tersebut dapat digunakan untuk membeli alat peraga, media pembelajaran, mesin ketik dan mebeler sekolah.
27. Tim Manajemen BOS Pusat • Penanggung jawab Umum Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah • Penanggung jawab BOS SD/SDLB Direktur Pembinaan TK/SD • Penanggung jawab BOS SMP/SMPLB/SMPT Direktur Pembinaan SMP
28. Tim Manajemen BOS Pusat (Lanjutan...) • Tim Pelaksana BOS SD/SDLB 2. Ketua Tim/Pejabat Pembuat Komitmen 3. Sekretaris 4. Unit Dana/Bendahara Pengeluaran Pembantu 5. Unit Data 6. Unit Monitoring & Evaluasi dan Penyelesaian Masalah 7. Unit Publikasi/Humas
29. Tim Manajemen BOS Pusat (Lanjutan...) • Tim Pelaksana BOS SMP/SMPLB 2. Ketua Tim/Pejabat Pembuat Komitmen 3. Sekretaris 4. Unit Dana/Bendahara Pengeluaran Pembantu 5. Unit Data 6. Unit Monitoring & Evaluasi dan Penyelesaian Masalah 7. Unit Publikasi/Humas Catatan: Tim Manajemen BOS Tingkat Pusat di SK kan oleh Menteri Pendidikan Nasional
30. Tim Manajemen BOS Propinsi • Penanggungjawab Kepala Dinas Pendidikan Propinsi • Tim Pelaksana BOS 1. Ketua Tim 2. Sekretaris 3. Bendahara/Bendahara Pengeluaran Pembantu 4. Unit Pendataan SD/SDLB 5. Unit Pendataan SMP/SMPLB/SMPT 6. Unit Monev SD/SDLB 7. Unit Monev SMP/SMPLB/SMPT 8. Unit Pengaduan dan Penyelesaian Masalah
31. Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota • Penanggungjawab Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota • Tim Pelaksana 4. Manajer 5. Unit Pendataan 6. Unit Monev dan Penyelesaian Masalah 7. Unit Publikasi/Humas Catatan: Tim Manajemen BOS Tingkat Kabupaten/Kota di SK kan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
32. Tim Manajemen BOS Sekolah • Penanggungjawab: Kepala Sekolah. • Anggota: Bendahara dan satu orang tua siswa selain ketua/ anggota komite sekolah Catatan: Tim Manajemen BOS Tingkat Sekolah di SK kan oleh Kepala Sekolah
33. Tugas dan Tanggung Pusat Menyusun rancangan program. • Menetapkan alokasi dana dan sasaran tiap propinsi. • Merencanakan dan melakukan sosialisasi program. • Mempersiapkan dan melatih Tim Manajemen BOS Propinsi. • Melakukan penyusunan, penggandaan dan penyebaran buku • petunjuk pelaksanaan program. Menyusun database sekolah tingkat nasional. • Merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi. • Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat. • Memonitor perkembangan penyelesaian penanganan pengaduan • yang dilakukan oleh Tim Manajemen BOS Propinsi atau Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota. Melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan kepada instansi terkait •
34. Tugas dan Tanggung Propinsi • Menetapkan alokasi dana BOS tiap kabupaten/kota. • Mempersiapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sesuai dengan dana dan kegiatan yang telah ditetapkan. • Merencanakan dan melakukan sosialisasi program di tingkat propinsi. • Mempersiapkan dan melatih Tim Manajemen BOS Kab/Kota. • Melakukan pendataan penerima bantuan. • Menyalurkan dana ke sekolah sesuai dengan haknya (jumlah siswa). • Berkoordinasi dengan lembaga penyalur dan Tim Manajemen BOS Kab/Kota dalam penyaluran dana. • Merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi. • Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat. • Bertanggungjawab terhadap kasus penyimpangan penggunaan dana di tingkat propinsi.
35. Tugas dan Tanggung Propinsi (Lanjutan...) • Melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan kepada Tim Manajemen BOS Pusat dan instansi terkait. • Dianjurkan untuk mengumumkan daftar sekolah penerima dana BOS dan besarannya, dengan menggunakan sumber dana dari APBD. • Mengupayakan penambahan dana untuk sekolah dari sumber APBD. • Jika ada, segera melakukan realokasi dana BOS dari sekolah yang kelebihan dan kekurangan dana yang disebabkan oleh kesalahan pendataan. • Mengembalikan sisa dana yang ada di rekening penampung sebelum tahun anggaran berakhir ke kas negara. Kelebihan dana yang dimaksud adalah kelebihan dana setelah seluruh hak sekolah penerima dana BOS terpenuhi. • Menampung kelebihan dana dari sekolah yang disebabkan oleh
36. Tugas dan Tanggung Kabupaten/Kota Menetapkan alokasi dana untuk setiap sekolah. • Melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada sekolah. • Melakukan pendataan sekolah. • Melakukan koordinasi dengan Tim Manajemen BOS Propinsi dan lembaga • penyalur dana, serta dengan sekolah dalam rangka penyaluran dana. Merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi. • Melaporkan pelaksanaan program kepada Tim Manajemen BOS Propinsi. • Mengumpulkan data dan laporan dari sekolah dan lembaga penyalur. • Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat. • Bertanggung jawab terhadap kasus penyalahgunaan dana di tingkat • kabupaten/kota. Melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan kepada Tim Manajemen BOS • Propinsi dan instansi terkait.
37. Tugas dan Tanggung Jawab Sekolah • Melakukan verifikasi jumlah dana yang diterima dengan data siswa yang ada. Bila jumlah dana yang diterima melebihi dari yang semestinya maka harus segera mengembalikan kelebihan dana tersebut ke rekening Tim Manajemen BOS Propinsi dengan memberitahukan ke Tim Manajemen BOS Kab/Kota. • Bersama-sama dengan Komite Sekolah, mengidentifikasi siswa miskin dan membebaskan dari segala jenis iuran. • Mengelola dana BOS secara bertanggungjawab dan transparan.
38. Tugas dan Tanggung Jawab Sekolah (Lanjutan...) • Mengumumkan daftar komponen yang boleh dan yang tidak boleh dibiayai oleh dana BOS serta penggunaan dana BOS di sekolah menurut komponen dan besar dananya di papan pengumuman sekolah • Mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan rencana penggunaan dana BOS di papan pengumuman sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah
39. Tugas dan Tanggung Jawab Sekolah (Lanjutan...) • Mengumumkan laporan 3 bulanan pengeluaran dana BOS dan barang-barang yang dibeli oleh sekolah di papan pengumuman setiap 3 bulan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Komite Sekolah • Bertanggungjawab terhadap penyimpangan penggunaan dana di sekolah. • Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat. • Melaporkan penggunaan dana BOS kepada Tim Manajemen BOS Kab/Kota.
40. Mekanisme Pembelian Barang/Jasa di Sekolah 1. Tim Sekolah harus menggunakan prinsip keterbukaan dan ekonomis dalam menentukan barang/jasa. 2. Tim harus memperhatikan kualitas barang/jasa. 3. Barang/jasa dengan nilai sampai dengan Rp 10 juta, Tim Sekolah dapat memperoleh informasi harga melalui tlp atau menugaskan 1 anggota Tim untuk mengunjungi penyedia barang/jasa atau berbelanja langsung dengan harga yang wajar. 4. Barang/jasa dengan nilai lebih dari Rp 10 juta-Rp 25 juta, ketiga anggota Tim Sekolah harus mengunjungi minimal 3 penyedia barang/jasa untuk mendapatkan informasi harga dan melakukan pembandingan dan pencatatan .Tim sekolah tidak perlu membuat rencana tertulis dan melakukan penawaran kepada penyedia barang/jasa.
41. Mekanisme Pembelian Barang/Jasa (Lanjutan...) 1. Barang/jasa dengan nilai diatas Rp. 25 juta, maka Tim Sekolah harus menyusun rencana kebutuhan barang/jasa untuk meminta penawaran tertulis kepada minimal 3 pihak penyedia barang/jasa. 2. Dalam kasus di mana dalam radius 10 km dari sekolah tidak ada pembanding atau memerlukan biaya besar/waktu yang lama untuk mencari pembanding, maka proses pembandingan tidak harus dilakukan, dengan memberikan penjelasan/ uraian mengenai alasan tersebut. 3. Tim Sekolah harus selalu membandingkan harga penawaran dari penyedia barang/jasa dengan harga pasar dan melakukan negosiasi harga kepada penyedia barang/jasa apabila harga penawaran lebih tinggi dari harga pasar. 4. Setelah melakukan proses tersebut di atas, Tim Sekolah harus membuat laporan singkat tertulis tentang penetapan penyedia barang/jasa. 5. Proses pembelian barang/jasa harus diketahui oleh Komite Sekolah.
42. Mekanisme Alokasi Pengumpulan Data Siswa dan Persiapan Alokasi Propinsi SEK PROV KAB /KT Data jumlah Data jumlah Data siswa siswa per sek jumlah siswa per kab/kota Alokasi per PUSAT propinsi Slide No. 42
43. Mekanisme Alokasi • Alokasi periode Januari-Juni 2009 didasarkan jumlah siswa TA 2008/09 • Alokasi periode Juli-Desember 2009 didasarkan jumlah siswa TA 2009/10 Slide No. 43
44. Mekanisme Penyaluran 1 2 SEK PROV KAB /KT • Rek Rutin Sek Rek Rutin Menerima BOS Sek • Daftar Sek Menolak BOS 3 5 Rekening Menyalurkan dana: SP2D SPM SPP Penampung 3 bulanan Tim Prop 4 Slide No. 44
45. Pembelian/Pengadaan Buku Teks Pelajaran Tahun 2009 • SD: 2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk kelas 4, 5 dan 6 dan 3. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk kelas 1 s/d 6. • SMP: 5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 1 s/d 3 6. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas 1 s/d 3.
46. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Ketentuan yang Harus Diikuti Sekolah • Membeli buku teks pelajaran yang hak ciptanya telah dibeli oleh pemerintah/Departemen Pendidikan Nasional • Buku teks pelajaran yang dibeli harus buku baru (bukan buku bekas). • Buku teks pelajaran digunakan sebagai acuan wajib oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Slide No. 46
47. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Ketentuan yang Harus Diikuti Sekolah (Lanjutan...) • Buku teks pelajaran yang sudah dibeli merupakan koleksi perpustakaan dan menjadi barang inventaris sekolah, harus dipinjamkan secara cuma-cuma kepada siswa dan boleh dibawa pulang. • Di akhir tahun pelajaran/semester, siswa harus mengembalikan buku teks pelajaran yang dipinjam agar dapat dipakai oleh adik kelasnya. • Dilarang memungut biaya kepada orang tua siswa dalam rangka pembelian dan perawatan buku teks pelajaran yang sudah dibiayai oleh dana BOS. Slide No. 47
48. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Pemilihan Buku • Buku yang dibeli/digandakan adalah buku teks pelajaran yang hak ciptanya telah dibeli oleh pemerintah • Pemilihan dan penetapan judul buku teks pelajaran harus mengikuti Peraturan Mendiknas No. 2 Tahun 2008 Tentang Buku. • Buku yang dibeli/digandakan harus mencakup satu siswa satu buku. • Pemilihan buku yang dibeli/digandakan didasarkan pada hasil rapat pendidik di tingkat satuan pendidikan dari buku-buku teks pelajaran yang hak ciptanya telah dibeli oleh pemerintah. Slide No. 48
49. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Pemilihan Buku (Lanjutan...) • Jenis buku yang dibeli/digandakan untuk sekolah setingkat SD: (IPS) untuk kelas 4, 5 dan 6 dan PKn untuk kelas 1 s/d 6. • Jenis buku yang dibeli/digandakan untuk sekolah setingkat SMP: adalah IPA kelas 7 s/d 9 dan PKn kelas 7 s/d 9. • Khusus untuk sekolah luar biasa (SDLB/SMPLB), buku yang dibeli/digandakan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa, dengan tetap memperhatikan mutu buku • Jika sebagian buku telah tersedia di sekolah, maka sekolah harus membeli kekurangannya dan dapat membeli buku untuk mengganti yang telah rusak Slide No. 49
50. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Mekanisme Pembelian Buku Oleh Sekolah • Hasil penetapan judul buku yang akan dibeli dan mekanisme pembeliannya harus dituangkan secara tertulis dalam bentuk berita acara rapat yang dilampirkan tandatangan seluruh peserta rapat yang hadir • Buku dapat dibeli oleh sekolah langsung ke distributor buku atau pengecer buku. Pemilihan toko buku/distributor harus mengacu pada prinsip harga paling ekonomis, ketersediaan buku dan kecepatan pengiriman buku sampai ke sekolah. • Harga buku harus mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Harga Eceran Tertinggi Slide No. 50
51. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Mekanisme Pembelian Buku Oleh Sekolah (Lanjutan...) • Buku harus telah dibeli oleh sekolah sebelum pelajaran dalam suatu semester dimulai • Segala jenis bukti pembelian dan tanda terima pengiriman (jika ada) harus disimpan oleh sekolah sebagai bahan bukti dan bahan laporan. • Jika terdapat buku dengan judul dan pengarang yang sama, tetapi digandakan oleh lebih dari satu penerbit/percetakan (pihak lain yang menggandakan) dengan kualitas yang telah memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan, maka sekolah harus memilih buku dengan harga yang paling ekonomis. Slide No. 51
52. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Mekanisme Pengadaan Buku untuk Daerah Yang Belum Memiliki Pengecer • Gubernur/Bupati/Walikota mengirim surat kepada Menteri Pendidikan Nasional yang berisikan permohonan ijin untuk diperbolehkan melakukan pengadan buku dari dana BOS Buku. • Jika Mendiknas menyetujui permohonan tersebut, maka Tim Manajemen BOS Provinsi/Kabupaten/Kota selanjutnya dapat melakukan pengadaan buku untuk sekolah dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Slide No. 52
53. Pengadaan Buku Teks Pelajaran Mekanisme Pengadaan Buku untuk Daerah Yang Belum Memiliki Pengecer (Lanjutan...) • Buku yang diadakan untuk sekolah harus didasarkan kebutuhan setiap sekolah • Proses pengadaan harus mengikuti peraturan yang berlaku: Keputusan Presiden No. 80 Tahun 2003 dan peraturan lain yang berlaku dan relevan dengan proses pengadaan. • Buku harus diterima oleh sekolah sesuai kebutuhan yang diajukan oleh sekolah dan waktu yang tepat. • Mekanisme pengelolaan dana BOS Buku dan proses pengadaan buku untuk sekolah serta bila terjadi temuan penyimpangan menjadi tanggungjawab Pemda. Slide No. 53
54. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT PUSAT Menetapkan data jumlah siswa tiap wilayah • berdasarkan pada sumber yang dapat dipertanggungjawabkan . Tidak diperkenankan melakukan pungutan dalam • bentuk apapun kepada Tim Manajemen BOS Propinsi/ Kab/Kota/ Sekolah. Mengelola dana safeguarding secara transparan dan • bertanggungjawab. Bersedia untuk diaudit oleh lembaga yang berwenang. • Slide No. 54
55. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT PROPINSI • Dilarang untuk merealokasi dana BOS yang telah tertuang dalam DIPA untuk kegiatan lain. • Menetapkan data jumlah siswa tiap kabupaten/kota dan sekolah berdasarkan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. • Tidak diperkenankan melakukan pungutan dalam bentuk apapun terhadap Tim Manajemen BOS Kab/Kota/Sekolah. • Mengupayakan dana tambahan untuk kegiatan safeguarding di propinsi masing-masing dari sumber APBD. Slide No. 55
56. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT PROPINSI (Lanjutan...) • Menyalurkan dana ke sekolah sesuai dengan hak sekolah dan mengembalikan sisa dana yang tidak terserap yang ada di rekening penampung Tim Propinsi ke Kas Negara pada batas akhir tahun anggaran. • Bersedia untuk diaudit oleh lembaga yang berwenang. • Tidak diperkenankan melakukan pemaksaan dalam pembelian barang dan jasa dalam pemanfaatan dana BOS. • Dilarang bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada sekolah yang bersangkutan (Peraturan Mendiknas No. 2 Tahun 2008 Pasal 11). Slide No. 56
57. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT KABUPATEN/KOTA • Menetapkan data jumlah siswa per sekolah berdasarkan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. • Tidak diperkenankan melakukan pungutan dalam bentuk apapun terhadap sekolah. • Mengelola dana operasional Kab/Kota secara transparan dan bertanggungjawab. • Harus menyediakan dana tambahan untuk kegiatan safeguarding di kab/kota masing-masing dari sumber APBD. • Bersedia untuk dIaudit oleh lembaga yang berwenang. Slide No. 57
58. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT KABUPATEN/KOTA (Lanjutan...) • Tidak diperkenankan mengkoordinir pembelian barang dan jasa dalam pemanfaatan dana BOS. • Dilarang bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada sekolah yang bersangkutan (Peraturan Mendiknas No. 2 Tahun 2008 Pasal 11). • Slide No. 58
59. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT SEKOLAH • Tidak diperkenankan melakukan manipulasi data jumlah siswa dengan maksud untuk memperoleh bantuan yang lebih besar. • Mengelola dana BOS secara transparan dan bertanggung jawab dengan cara mengumumkan besar dan penggunaan dana BOS di papan pengumuman sekolah (Format BOS-11). Laporan tersebut harus diperbaharui (di update) setiap 3 bulan dan ditandatangani oleh Komite Sekolah • Mengumumkan hasil pembelian barang dan harga yang dilakukan oleh sekolah di papan pengumuman yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah. Slide No. 59
60. Tata Tertib Pengelolaan Dana TINGKAT SEKOLAH (Lanjutan...) • Bersedia diaudit oleh lembaga yang berwenang terhadap seluruh dana yang dikelola oleh sekolah, baik yang berasal dari dana BOS maupun dari sumber lain. • Dilarang bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada peserta didik di sekolah yang bersangkutan (Peraturan Mendiknas No. 2 Tahun 2008 Pasal 11). Slide No. 60
61. Monitoring dan Pelaporan A. Bentuk Kegiatan melakukan pemantauan, pembinaan dan penyelesaian masalah terhadap pelaksanaan program BOS D. Tujuan untuk meyakinkan bahwa dana BOS diterima oleh yang berhak dalam jumlah, waktu, cara, dan penggunaan yang tepat Slide No. 61
62. Monitoring dan Pelaporan A. Komponen yang dimonitor Alokasi dana sekolah penerima bantuan • Penyaluran dan penggunaan dana • Pelayanan dan penanganan pengaduan • Administrasi keuangan • Pelaporan • Slide No. 62
63. Monitoring Oleh Tim Pusat A. Monitoring Pelaksanaan Program • Monitoring ditujukan untuk memantau: Penyaluran dan penyerapan dana, Kinerja Tim Manajemen BOS Provinsi, Penggunaan dan pengelolaan dana safeguarding di tingkat provinsi. • Responden terdiri dari: Tim Manajemen BOS Provinsi dan Kantor Pos/Bank Penyalur. • Monitoring dilaksanakan pada saat persiapan penyaluran dana, pada saat penyaluran dana dan paska penyaluran dana. Slide No. 63
64. Monitoring Oleh Tim Pusat (Lanjutan...) • Monitoring Kasus Pengaduan • Untuk melakukan fact finding, investigasi, dan menyelesaikan masalah yang muncul di lapangan • Responden disesuaikan dengan kasus yang terjadi. • Kegiatan monitoring kasus pengaduan akan dilaksanakan sesuai dengan masalah dan kebutuhan di lapangan. Slide No. 64
65. Monitoring Oleh Tim Propinsi Monitoring Pelaksanaan Program • Ditujukan untuk memantau Penyaluran dan • penyerapan dana, Penggunaan dana di tingkat sekolah Responden: Tim Manajemen BOS Kab/Kota, sekolah, • murid dan/atau orangtua murid penerima bantuan, dan Kantor Pos/Bank Penyalur. Monitoring dilaksanakan pada saat persiapan • penyaluran dana, pada saat penyaluran dana dan pasca penyaluran dana. Slide No. 65
66. Monitoring Oleh Tim Propinsi (Lanjutan...) B. Monitoring Kasus Pengaduan • Ditujukan untuk melakukan fact finding, investigasi, dan menyelesaikan masalah • Responden disesuaikan dengan kasus yang terjadi. • Kegiatan monitoring kasus pengaduan akan dilaksanakan sesuai dengan masalah dan kebutuhan di lapangan. Slide No. 66
67. Monitoring Oleh Tim Kabupaten Monitoring Pelaksanaan Program • Ditujukan untuk memantau Penyaluran dan • penyerapan dana di sekolah, Penggunaan dana di tingkat sekolah, Responden terdiri dari sekolah, murid dan/atau • orangtua murid, dan Kantor Pos/Bank. Monitoring dilaksanakan pada saat penyaluran dana • dan pasca penyaluran dana. Slide No. 67
68. Monitoring Oleh Tim Kabupaten (Lanjutran...) B. Monitoring Penanganan Pengaduan • Untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang muncul di sekolah • Responden disesuaikan dengan kasus yang terjadi. Slide No. 68
69. PELAPORAN A. Tim Manajemen BOS Pusat 1. Laporan Triwulanan 2. Laporan Akhir Tahun D. Tim Manajemen BOS Propinsi 1. Laporan Triwulanan 2. Laporan Akhir Tahun C. Laporan Tim BOS Kabupaten/Kota D. Laporan Sekolah Slide No. 69
70. Pengawasan Dan Pemeriksaan • Pengawasan Melekat: Oleh atasan terkait • Pengawaasan Fungsional: BPKP, Inspektorat Jenderal Depdiknas serta Badan Pengawas Daerah (Bawasda) Propinsi dan Kabupaten/Kota. • Pemeriksaan: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) • Pengawasan Masyarakat Slide No. 70
71. Sanksi – Penerapan sanksi kepegawaian sesuai dengan peraturan dan undang- undang yang berlaku (pemberhentian, penurunan pangkat, mutasi kerja). – Penerapan tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi, yaitu pengembalian dana BOS yang terbukti disalahgunakan kepada satuan pendidikan atau ke kas negara. – Penerapan proses hukum, yaitu mulai proses penyelidikan, penyidikan dan proses peradilan bagi pihak yang diduga atau terbukti melakukan penyimpangan dana BOS. – Pemblokiran dana dan penghentian sementara seluruh bantuan pendidikan yang bersumber dari APBN pada tahun berikutnya kepada Kab/Kota dan Propinsi, bilamana terbukti pelanggaran tersebut dilakukan secara sengaja dan tersistem untuk memperoleh keuntungan pribadi, kelompok, atau golongan. Slide No. 71
72. UPAYA PENINGKATAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS BOS Tahun 2009 1. Dilakukan penyempurnaan Pedoman BOS 2009 2. Dilakukan pelatihan/sosialisasi kepada seluruh propinsi, kab/kota dan sekolah 3. Akan dilakukan audit kinerja dan audit keuangan secara khusus oleh BPKP 4. Peningkatan intensitas pengawasan/penyidikan oleh pihak Kepolisian, Kejaksaan dan KPK 72
73. RESIKO LAIN YANG HARUS DIANTISIPASI • Sebagian pendanaan BOS tahun 2008 dan 2009 bersumber dari Loan Bank Dunia sebesar US $ 600 juta • Penyimpangan penggunaan dana BOS dapat berisiko terhadap proses replenishment dari Bank Dunia ke Pemerintah Indonesia 73
74. TE R IMA KAS IH

0 komentar:

online